Desa Sidomulyo Menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

Desa Sidomulyo menggelar Pelatihan Penanggulangan Tanggap Bencana yang diadakan di Balaidesa, Perlunya Pelatihan tersebut diadakan yaitu untuk melatih masyarakat umumnya dan Linmas pada khususnya untuk selalu siap mengantisipasi dalam menghadapi ketika menghadapai bencana alam yang sewaktu waktu muncul.
Kegiatan tersebut sangatlah baik dan sangat mendasar karena adanya payung hukum ,mandat dari UU bagi perlindungan rakyat dari risiko bencana. Perubahan paradigma atau cara pandang negara terhadap penanggulangan bencana responsif menjadi prefentif diantaranya dengan cara mengintegrasikan penanggulangan bencana dalam rencana pembangunan,penanggulangan bencana diatur dan diselengggarakna serta dibiayai oleh anggaran pembangunan pemerintah ( pusat,propinsi,kab/kota dan desa), membentuk kelembagaan yang kuat dan sembada, mengatur tentang hak dan kewajiban rakyat.
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor manusia sehinggan mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan alam, kerugian harta benda dan dampak psokologis.
Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana desa tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Nopember 2019 dan didanai oleh Dana Desa. Adapun yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut adalah dinas terkait yaitu BPBD kabupaten Tulungagung dan juga dari Satuan Polisi Pamong Praja Tulungagung yaitu yang membidangi tentang Pemadam Kebakaran.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?