Turun Temurun Produksi Bata Merah Sidomulyo

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata semakin menurun. Munculnya material-material baru seperti gipsum, bambu yang telah diolah, cenderung lebih dipilih karena memiliki harga lebih murah dan secara arsitektur lebih indah.

Produkasi bata merah di Desa Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung sudah dilakukan secara turun temurun. Perajin bata merah di Desa ini membuat bata merah dari tanah liat yang dicampur dengan kaolin. Penggunaan campuran kaolin dimaksudkan agar bata merah memiliki kualitas lebih tinggi, awet serta tidak mudah pecah sehingga bisa bersaing dengan bahan bangunan batako yang dibuat dari bahan campuran semen dan pasir

Pemasaran produk bata merah tersebut meliputi beberapa toko di sekitar Kecamatan Gondang dan beberapa Kecamatan lain di wilayah Kabupaten Tulungagung. Harganya berkisar antara Rp 550 hingga Rp 650 per biji.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?