Desa Sidomulyo Mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang diadakan di Desa Sidomulyo merupakan tindak lanjut dari hasil survey mawas diri yang dilakukan kepada masyarakat sebulan yang lalu. Musyawarah Masyarakat Desa ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.
Pertemuan tersebut diantaranya dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tiudan yang diwakili oleh ibu Atin Sumarini, diantara sambutannya beliau berpesan untuk memecahkan masalah dari hasil survey, menganjurkan untuk PSN (pemberantasan sarang nyamuk), mencegah stunting, pengadaan jamban sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat, kegawatdaruratan untuk menghubungi tems dengan nomor 0355 320119, dan untuk pengaduan puskesmas bisa menghubungi nomor 08976467416.
Penyampaian hasil survey mawas diri dan keluarga sehat diantaranya disa diambil kesimpulan yaitu
1. 70.97% keluarga belum mengetahui tentang kanker mulut rahim
Pemecahannya diharapkan diadakannya sosialisasi tentang deteksi dini kanker leher rahim dan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim.
2. 2.3% ada anggota keluarga yang batuk lebih dari 2 minggu
Pemecahannya diadakannya penyuluhan tentang penyakit TBC
3. 100% masyarakat memerlukan informasi tentang NAPZA dan gangguan jiwa
Pemecahannya diadakannya sosialisasi dan penyuluhan tentang informasi NAPZA dan gangguan jiwa.
4. 72.18% keluarga belum mengetahui pengendalian penyakit menular
Pemecahannya diadakan penyuluhan tentang penyakit menular
5. 98.6% masyarakat menginginkan orang dengan gangguan jiwa mendapatkan penanganan.
Pemecahannya diadakan pendataan penderita ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), mengadakan kaji tiru ke posyandu jiwa di tempat lain, menganggarkan untuk biaya rujukan penderita gangguan jiwa.

Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa tersebut dilakukan di balai desa Sidomulyo pada hari kamis tanggal 21 Nopember 2019.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?